DEPARTEMEN AGAMA REPUBLIK
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
PROPINSI JAWA TENGAH
SILABUS
Perguruan Tinggi : STAIN Pekalongan
Jurusan/Prodi : Syari’ah / al-ahwal al-Syahsiyah
Mata Kuliah : Tafsir Ahkam I
Kode :
SKS : 3 SKS
Semester : III
Mata Kuliah Prasyarat : Ulumu al-Qur’an, Ulum ul-Tafsir
Dosen : Mohammad Hasan Bisyri,M.Ag.
I. Deskripsi Mata Kuliah
Al-Qur’an merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam Islam. Telah kita ketahui bahwa al-Qur’an disamping berisi tentang masalah keimanan, nilai-nilai moral, juga berisi tentang beberapa hal yang terkait dengan masalah hukum. Kurang lebih 1/3 al-Quran membicarakan masalah hukum, baik yang terkait dengan hubungan antara manusia dengan Allah, maupun hal-hal yang terkait dengan hubungan antara sesama manusia. Hal-hal yang membicarakan hubungan antara Allah dengan manusia selanjutnya disebut dengan ibadah mahdlah/ritual. Dan hal-hal yang terkait dengan hubungan antara sesama manusia selanjutnya disebut mu’amalah.
Ayat-ayat yang membicarakan hukum ini kemudian dibahas dalam mata kuliah Tafsir Ahkam. Secara Khusus mata kuliah Tafsr Ahkam I ini membahas hal-hal yang terkait dengan ibadah mahdlah (ritual), seperti: masalah thaharah (yang meliputi wudlu, tayamum dan mandi besar), waktu shalat, arah qiblat, shalat, adzan, haji, serta masalah zakat dan shadaqah.
Mata Kuliah ini terkait dengan beberapa mata kuliah yang lain seperti ulum al-qur’an, ulum al-tafsir dan juga ushul fiqh. Penguasaan Bahasa Arab merupakan kunci pokok bagi mahasisawa yang mengikuti perkuliahan ini, karena rujukan yang dijadikan bahan kajian adalah kitab-kitab yang berbahasa Arab.
II. Kompetensi Mata Kuliah
A. Mahasiswa mampu menjelaskan tafsir ayat-ayat ibadah dan penyebab perbedaan-perbedaan pendapat dalam penafsirannya.
B. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam menerapkan tafsir ayat-ayat ibadah untuk memecahkan masalah umat yang berkaitan dengan masalah ibadah.
III. Analisis Instruksional
15 7 10 13 14
8 9 11 12 4 5 6
Keterangan:
- wudlu
- mandi besar
- tayamum
- thaharoh
- waktu shalat
- arah qiblat
- shalat
- waktu puasa
- tata cara puasa
- puasa
- shadaqoh wajib
- shadaqoh sunnat
- zakat
- haji
- Ibadah mahdlah
IV. Sumber Bahan
A. Buku Wajib
1. Muhammad Ali al-Shabuni, Rawai’ al-Bayan: Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an, Juz I-2,
2. Muhammad Amin Suma, Tafsir Ahkam I.
B. Buku Anjuran
1. Muhammad Ali Al-Sayis, Tafsir Ayat Al-Ahkam
2. Abu Bakar Ibn al-‘Arabi, Ahkam al-Qur’an.
3. Al-Qurthuby, Al-Jami’ Li Ahkam al-Qur’an.
4. Ibn Katsir, Tafsir Al-Qur’an al-‘Adzim.
V. Penilaian
Evaluasi perkuliahan dilakukan secara menyeluruh dengan memperhatikan proses perkuliahan. Oleh karena itu penilaian dalam perkuliahan ini meliputi hal-hal sebagai berikut:
A. Partisipasi kuliah 5%
B. Presentasi dan diskusi 10%
C. Tugas Hafalan 15%
D. Karya Tulis 15%
F. UTS 25%
G. UAS 30%
Jumlah 100%
- kehadiran: 75 %
- ujian:
- CURICULUM VITAE
1. NAMA : MOHAMMAD HASAN BISYRI, M.AG.
2. TEMPAT & TANGGAL LAHIR : JOMBANG, 04 NOPEMBER 1973.
3. JENIS KELAMIN : LAKI-LAKI
4.ALAMAT : perum griya sejahtera no. 1 tirto JAWA TENGAH.
5. STATUS DOSEN : TETAP (PNS)
6. PENDIDIKAN TERTINGGI
A. JENJANG : S2
FAKULTAS/JURUSAN : PASCA SARJANA
KONSENTRASI : HUKUM ISLAM
B. NAMA ALMAMATER : IAIN SUNAN AMPEL
7. JABATAN FUNGSIONAL : LEKTOR (III/C)
8. PENGALAMAN MENGAJAR :
NO | MATA KULIAH | PRODI | TEMPAT | TAHUN |
1. | TAFSIR AHKAM (I) | SYARI’AH | STAIN | 2001-2005 |
2. | TAFSIR | SYARI’AH/TARBIYAH (S1) & D2 PAI | STAIN | 2001-2004 |
3. | TAFSIR | D3 PERBANKAN SYARIAH | STAIN | 2005 |
4. | ULUMUL QUR’AN | SYARI’AH/TARBIYAH (S1) | STAIN | 2001/2002 |
9. PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI
- COURSE DESIGN
- TOT COURSE DESIGN
- WORKS SHOP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
10. PUBLIKASI ILMIAH
- PUASA: SUATU TINJAUAN HISTORIS PERGESERAN MAKNA PUASA
- PROBLEMATIKA NIKAH SIRRI DALAM NEGARA HUKUM
Demikian Curiculum Vitae ini ditulis dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Pekalongan, 7 Juni 2005.
Yang bersangkutan
MOHAMMAD HASAN BISYRI, M.AG.
NIP. 150 299 497
VI. Kegiatan Perkuliahan
Tatap Muka | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Sumber Bahan |
1 | Memahami ruang lingkup mata kuliah tafsir dan aturan-aturan selama perkuliahan berlangsung | 1. mengikuti perkuliahan dengan baik dan penuh kedisiplinan | Pengantar perkuliahan. Kontrak belajar | eksplorasi | | | |
2 | 1. Menjelaskan tafsir ayat tentang wudlu’ | 1. mendeskripsikan pengertian wudlu. 2. menjelaskan rukun-rukun wudlu’ 3. menjelaskan teks-teks yang menjadi sumber perbedaan penafsiran 4. memperagakan tata cara wudlu | Tafsir ayat tentang wudlu’ S. al-Maidah ayat 6 | Membandingkan berbagai macam penafsiran ayat tentang wudlu’, peragaan. | Kuis | Jawaban singkat | Al-Shobuni jilid 1 |
3 | 2. Menjelaskan tafsir ayat tentang mandi besar | 1. mendeskripsikan pengertian mandi jinabat 2. mendeskripsikan tata cara mandi jinabat 3. menjelaskan tafsir kata junub | Tafsir ayat tentang mandi jinabat: S. Al-Maidah ayat 6; S. al-Nisa’ ayat 43 | Membandingkan berbagai penafsiran ayat tentang mandi jinabat | Kuis, pertanyaan terstruktur | Jawaban terstruktur | As-Shobuni jilid I. |
4 | 3. menganalisis perbedaan pendapat mengenai tafsir ayat tentang tayamum | 1. mendeskripsikan pengertian tayamum 2. menjelaskan tafsir ayat yang berkaitan dengan hal-hal yang dipergunakan untuk tayamum. 3. menganalisis perbedaan penafsiran ayat yang berkaitan dengan alasan diperbolehkannya tayamum 4. Mempraktekkan tayamum secara baik dan benar | Tafsir ayat-ayat tentang tayamum: S. al-Maidah ayat 6; S. Al-Nisa’ ayat 43. | Membandingkan berbagai penafsiran ayat tentang tayamum, peragaan. | Penugasan | portofolio | As-Shobuni jilid 1. |
5. | 4. Menjelaskan tafsir ayat tentang disyariatkannya menghadap qiblat bagi orang yang hendak melaksanakan shalat | 1. Mendeskripsikan pengertian qiblat 2. Mejelaskan sejarah disyariatkannya arah qiblat 3. menjelaskan penafsiran ayat tentang arah qiblat, bagi mereka yang ada di Makkah, maupun luar makkah | Tafsir ayat-ayat tentang arah qiblat: S. Al-Baqarah ayat 142-144, 148-150. | Membandingkan penafsiran ayat tentang ketentuan arah qiblat bagi mereka yang hendak melaksanakan shalat. | Kuis | Jawaban singkat | As-Shobuni jilid 1 |
6. | 5. Menjelaskan perbedaan pendapat tafsir ayat tentang adzan dan waktu shalat | 1. mendeskripsikan pengertian adzan 2. menjelaskan fungsi adzan 3. menjelaskan tentang pentingnya mengetahui waktu shalat fardlu 4. menjelaskan waktu-waktu shalat fardlu menurut al-Qur’an | Tafsir ayat-ayat tentang adzan dan waktu shalat: S. Hud: 114; S. al-Baqarah: 238; al-Isra’: 78; al-Nisa’: 103. | Membandingkan penafsiran ayat tentang adzan dan waktu shalat | Kuis/ makalah | Jawaban singkat/ Diskusi | As-Shobuni jilid I, Amin Suma |
7. | 6. Menjelaskan tafsir ayat tentang shalat qashar dan shalat khauf | 1. mendeskripsikan pengertian shalat qashar dan shalat khauf. 2. menjelaskan syarat-syarat diperbolehkannya shalat qashar dan shalat khauf 3. menjelaskan tata cara shalat qashar dan shalat khauf 4. memperagakan tata cara shalat qasar dan shalat khauf | Tafsir ayat tentang shalat qashar dan shalat khauf: S. al-Nisa’ 101-103. | Membandingkan tafsir ayat tentang shalat qashar dan shalat khauf, peragaan. | Kuis/ makalah | Jawaban singkat/ Diskusi | |
8. | UTS | | | | | | |
9. | 7. Menjelaskan tafsir ayat tentang shalat jum’at | 1. Mendeskripsikan pengertian shalat jum’at. 2. mendeskripsikan kedudukan shalat jum’at dengan shalat dzuhur 3. menjelaskan tentang larangan-larangan bagi orang yang hendak melaksanakan shalat jum’at | Tafsir ayat tentang shalat jum’at: S. Al-Jumu’ah: 9-11 | Membandingkan berbagai penafsiran ayat tentang shalat jum’at | Kuis/ makalah | Jawaban singkat/ Diskusi | AS-Shobuni |
10-11 | 8. Menjelaskan tafsir ayat tentang Puasa | 1. mendeskripsikan pengertian puasa 2. mendeskripsikan kembali kronologi diwajibkannya puasa Ramadlan. 3. membedakan penafsiran tentang syarat diwajibkannya puasa Ramadlan 4. menunjukkan waktu pelaksanaan puasa Ramadlan 5. menjelaskan tata cara puasa. | Tafsir ayat-ayat tentang puasa: S. al-Baqarah: 183-187. | Membandingkan penafsiran ayat-ayat tentang puasa Ramadlan | Kuis/ makalah | Jawaban singkat /diskusi | As-Shobuni Jilid I. Amin Suma Bab V. |
12-13 | 9. Menjelaskan tafsir ayat tentang zakat | 1. Mendeskripsikan pengertian zakat, infaq dan shadaqoh. 2. Menjelaskan macam-macam zakat 3. menentukan kelompok/orang-orang yang berhak menerima zakat. 4. menjelaskan fungsi zakat 5. menjelaskan waktu pelaksanaan zakat dan syarat-syaratnya 6. Ancaman bagi orang yang memungkiri kewajiban zakat | Tafsir ayat-ayat tentang zakat, infaq dan shadaqoh. S. Al-Taubah: 60, 103; S. Al-An’am: 141; S. Al-Baqarah: 267, 271; s. Al-Fushilat: 6-7. | Membandingkan beberapa penafsiran terhadap ayat-ayat tentang zakat, infaq dan shadaqoh. | Kuis/ makalah | Jawaban singkat/ diskusi | Ash-Shobuni, jilid I, Amin Suma Bab IV. |
14-15 | 10. Menjelaskan tafsir ayat tentang Haji | 1. Mendeskripsikan pengertian haji 2. menjelaskan waktu, tempat dan syarat wajib haji menurut al-Qur’an 3. membedakan antara ibadah haji dan umroh | Tafsir ayat-ayat tentang haji: S.al-Hajj: 27-29; S. Al-Baqarah: 158, 196, 197-199 | Kuis/ makalah | Jawaban singkat/ diskusi | As-Shobuni, Amin Suma Bab VI. | |
16. | UAS | | | | | | |
Pekalongan, 10 September 2008.
Dosen Pengampu
Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag.
SATUAN PERKULIAHAN
Fak./Prodi : Syari’ah/ahwal al-Syahsiyah
Mata Kuliah/Kode : Tafsir Ahkam I/
Kompetensi Dasar :
Indikator Ketercapaian:
Materi Pokok :
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah | Uraian Kegiatan | Metode | Media | Estimasi Waktu |
Penda huluan Penyajian Penutup | | | | |
Penilaian :
Referensi :
Pekalongan, ……
Dosen,
M. Hasan Bisyri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar